Tuesday 17 March 2015

Pengusaha dan Bisnis Online

Sebuah cerita dari teman yang sudah berkecimpung di dunia kuliner bercerita, bahwa saat ini sudah merambah kedunia online. Siapa yang nggak tertarik menggeluti bisnis online. Yang ternyata juga sangat menggiurkan profitnya.

Saat dia menjual produk kulinernya secara offline (red: kelilingan), meski penjualan sudah bagus, namun sifatnya cuman lokal saja. Hanya terkenal di daerahnya saja. Nah, setelah menjangkau ke dunia online, ternyata produk kulinernya juga sangat di butuhkan di daerah yang lain. Ini dikarenakan saat ini teman saya sudah memiliki website sendiri.
Teman, memanfaatkan peluang usaha lewat internet ada beberapa macam pilihan yang bisa di geluti. Beberapa diantaranya adalah :


1. Menjual produk atau Keahlian yang Dimiliki

Anda punya keahlian khusus, misal sederhananya saja, bisa berbahasa inggris. Maka anda bisa membuat sebuah panduan cara belajar bahasa inggris dengan benar mulai dari nol. Atau anda buka kursus online bahasa inggris. Caranya bisa bermacam-macam. Bikin website sendiri, kemudian di promosikan ke social media, atau pasang iklan di internet. Sama halnya jika anda mempunyai produk unggulan yang bagus, contoh : anda saat ini jualan kaos distro, kenapa tidak di online kan saja? Sekarang ini banyak sekali toko/ suppliyer bahkan perorangan yang menjual kaos distro lewat facebook, twitter dan lain-lain. Banyak di jumpai Bisnis Online Shop di setiap kota.

2. Menjual Produk Orang Lain (Affiliate Marketing)
Anda tidak punya produk atau keahlian yang bisa dijual? Tapi anda pintar sekali dalam hal marketing, jual aja jasa/ produk orang lain. Kalo di dunia offline ( konvensional ) di namakan broker, atau makelar. Jadi anda dapat komisi dari hasil penjualan anda. Dan yang luar biasanya, di dunia online ini, anda bisa menjual apapun. Bisa itu produk fisik, produk digital dll. Sebagai contoh produk digital yang bisa anda jual, bisa gabung Marketplace Digital. Ada juga tokopedia, dll.

3. Menjual Iklan
4. Jual Beli situs
5. Bisnis Online Lainnya : PTC, PTS, PTR dll


Point ke 3 - 5 tidak di jelaskan disini. Karena sebagai pengusaha sekiranya akan lebih mudah untuk memanage kapan dia akan memulai bisnis onlinenya.

Oke, semua bisnis adalah sama, khususnya dalam mengelola sdm, management, produksi dan strategy marketing. Jadi, sudah saatnya melejitkan usaha offline anda dengan memanfaatkan fasilitas internet. Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment